Cara Menggunakan Proxy Server di Android Tanpa Ribet

Cara Menggunakan Proxy Server di Android

Bomklik - Kebanyakan dari kita lebih mengenal vpn dibandingkan dengan proxy namun tidak sedikit juga yang sudah paham betul mengenai proxy ini. Supaya teman-teman paham cara penggunaan proxy yang tepat maka kali ini saya akan membagikan tutorial cara setting proxy di android.

Berbagai jenis smartphone yang memiliki sistem operasi android pasti sudah mendukung untuk menggunakan proxy. Tetapi kamu pasti bingung bagaimana settingnya, karena memang agak tersembunyi.

Tidak jauh berbeda dengan vpn, jika menggunakan proxy maka ip asli kamu akan berubah menjadi ip dari server proxy yang digunakan. Sehingga, jika membuka situs yang telah diblokir oleh pemerintah akan terbuka karena ip kita dikenal sebagai ip server proxy.

Apa Itu Proxy?

Proxy server bertugas sebagai pintu gerbang antara kamu dan internet. Jadi proxy adalah server perantara yang memisahkan antara pengguna dan situs web yang kamu telusuri. Proxy server menyediakan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi tergantung pada penggunaan teman-teman.
Baca juga: Cara Menggunakan VPN di Android dengan Mudah
Jika kamu menggunakan proxy, maka lalu lintas internet akan menjalar melalui server proxy dalam perjalanan ke alamat atau situs yang diminta. Permintaan kemudian kembali melalui server proxy yang sama, dan akhirnya server proxy meneruskan data yang diterima dari situs web kepada kamu.

Fungsi Proxy Server

Dengan penjelasan mengenai proxy diatas apa kamu berpikir mengapa kita harus repot-repot menggunakan proxy apabila cara kerjanya hanya menjadi perantara saja? kenapa tidak kita tidak langsung membuka situs yang akan dituju?

Fungsi proxy server yaitu sebagai perantara sehingga apabila ada sesuatu hal yang buruk maka akan difilter oleh server tersebut. Selain itu apabila ada seseorang yang ingin mengetahui data kamu maka akan terjaga dengan server proxy yang kamu gunakan.

Cara Mencari Proxy dengan Mudah

Ada berbagai macam cara untuk mencari proxy, salah satunya adalah dengan memanfaatkan penyedia proxy server gratis. Cukup banyak situs-situs yang memberikan layanan proxy gratis untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat cara mencari proxy diwebsite ini.

Apa kamu masih bingung mengapa kamu harus menggunakan proxy? agar lebih mudah dipahami saya akan membuat rangkuman kelebihan dalam menggunakan proxy.
  • Dapat menghemat bandwidth dan meingkatkan speed internet
  • Privasi terjaga
  • Tingkat keamanan lebih tinggi
  • Dapat membuka situs yang terblokir

Cara Menggunakan Proxy di Android

Proses pengaturan dan konfigurasi koneksi internet melalui server proxy mungkin agak sedikit rumit, akan tetapi manfaat yang didapat tidak sia-sia karena sepadan dengan perjuangan. Supaya teman-teman mengerti saya akan membagika tiga cara untuk menggunakan proxy server di android.
Baca juga:  Cara Menggunakan VPN di PC Gratis Tanpa Ribet

Menyambungkan dengan Koneksi Wifi

Pastikan kamu sudah memiliki proxy server jika sudah mari kita pelajari.
  • Buka pengaturan smartphone
  • Masuk ke menu nikerbel dan jaringan
  • Pilih wifi dan sambungkan
  • Tap pada nama wifi yang tersambung
  • Pilih opsi modify network
Untuk pengaturannya pilih manuak pada bagian proxy, nama host isi dengan ip server proxy kamu dan port isi dengan portnya, supaya lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan Proxy Server di Android

Menyambungkan dengan Data Seluler

Tidak semua orang memiliki jaringan wifi pada rumahnya, untuk itu ada cara lain dalam menyambungkan proxy, untuk settingnya bisa ikuti langkah berikut ini.
  1. Masuk ke pengaturan 
  2. Pilih menu kartu sim & jaringan seluler
  3. Pilih nama simcard yang digunakan untuk internet
  4. Lalu pilih menu vpn
  5. Selanjutnya tambahkan vpn baru
Nama : Bomklik Proxy
APN: internet4G
Nama Pengguna: kosongkan
Sandi : kosongkan
Proxy : Ip Proxy kamu
Port : Port Proxy kamu
Protokol APN : IPv4/IPv6
Protokol Roaming : APN IPv4/IPv6
Untuk pengaturannya silahkan teman-teman sesuaikan dengan settingan diatas ini.

Menyambungkan Proxy dengan Aplikasi

Cara ini merupakan alternatif bagi kamu yang males buat setting proxy dengan cara sebelumnya. Aplikasi yang kita butuhkan hanya satu yaitu proxy droid, silahkan didownload terlebih dulu diplaystore.
  • Buka aplikasinya
  • Isi host dengan alamat ip proxy kamu
  • Port diisi dengan port proxy
  • Lalu geser prody swith untuk mengaktifkan
Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat gambar dibawah ini

Cara Menggunakan Proxy Server di Android

Kesimpulan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan vpn di android. Cara yang paling saya suka adalah cara yang pertama, namun seperti yang kita tahu bahwa tidak semua orang memiliki wifi.

Jadi cara yang ketiga bisa dijadikan pilihan utama buat teman-teman, saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita kali ini semoga dapat bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat & Contoh Tabel Terbuka dengan Mudah

Cara Mencari Empas Moonton

Arti Simbol Remote AC Sharp Terbaru