Cara Menggunakan Dispenser Agar Hemat Listrik

Cara Menggunakan Dispenser Agar Hemat Listrik

Dispenser merupakan alat elektronik untuk menyimpan dan mengeluarkan air disaat kita membutuhkannya melalui aliran air yang tersedia. Dispenser menggantikan alat tradisional seperti teko dan termos.

Terkadang dalam menggunakan dispenser membuat listrik kita menjadi lebih boros dibanding tidak menggunakannya. Lalu bagaiaman cara menggunakan dispenser agar hemat listrik? mari kita bahas.

Cara Menggunakan Dispenser Agar Hemat Listrik

Dispenser menjadi boros disebabkan oleh beberapa hal, yaitu karena menggunakan pemanas dan menggunakan pendingin. Setiap fungsi membutuhkan energi yang berbeda-beda, mari kita hitung pemakaian rata-rata dispenser perbulannya.
  • Pemanas dalam dispenser membutuhkan 500 watt
  • Pendingin dalam dispenser membutuhkan 112 watt
  • Pemakaian dispenser perharinya adalah 1,5 KwH
Sehingga biaya dispenser jika rata-rata harga per KwH nya adalah Rp1000 maka akan jadi sebagai berikut.
  • Biaya perhari Rp1500
  • Biaya perbula 30 hari x 1,5 KwH = 45 KwH = Rp45.000
  • Biaya pertahun Rp45.000 x 12 Bulan = Rp540.000
Jadi biaya penggunaan dispenser dalam satu bulan adalah Rp45.000 sedangkan untuk satu tahun yaitu Rp540.000. Hal tersebut cukup boros apabila kamu sering tidak dirumah karena dispenser terus tersambung listrik sedangkan kamu tidak ada dirumah.
Baca juga: Fungsi Tombol Pada Mesin Cuci LG
Disini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam cara menggunakan dispenser agar hemat listrik yang tentunya akan mengurangi biaya pengeluaran kamu tiap bulannya.
  1. Jangan menggunakan pendingin, apabila teman-teman memiliki kulkas maka pergunakanlah kulkas sebaik mungkin untuk membuat air dingin sehingga akan menghemat penggunaan listrik pada dispenser
  2. Matikan dispenser jika kamu akan keluar rumah, seperti bekerja atau liburan
  3. Saya lebih menyarankan kepada teman-teman untuk menggunakan pemanas air elektrik atau termos yang lebih efisien

Merk Dispenser Hemat Listrik

Cara Menggunakan Dispenser Agar Hemat Listrik
Apabila teman-teman sering menggunakan dispenser lalu pengeluaran listrik semakin besar, kamu bisa menggunakan merk dispenser yang hemat listrik. Berikut adalah beberapa merk dispenser hemat listrik yang bisa dijadikan pilihan untuk dibeli.
  • Mito MD777
  • Denpoo DDB-38
  • Gea : Halley
  • Sanken HWD-C101
Dispenser watt paling rendah digunakan oleh merk yang sudah saya katakan diatas, karena hal tersebutlah yang membuat dispenser menjadi hemat listrik.

Dengan menggunakan merk dispenser hemat listrik insyaallah penggunaan listrik akan jauh lebih hemat. Saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita mengenai cara menggunakan dispenser agar hemat listrik, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat & Contoh Tabel Terbuka dengan Mudah

Cara Mencari Empas Moonton

Arti Simbol Remote AC Sharp Terbaru